Jebakan (batman) Telkomsel
“selamat
nomor anda telah terisi pulsa, setiap kali pengisian pulsa Rp. 10.000 anda
dapat menukar combo mania dengan mengetik CM (spasi) ON kirim ke 8999, untuk
Combo siang berlaku sejak pukul 01.00 sd 17.00, combo malam 17.00 sd 23.00” isi
pesan TELKOMSEL yang masuk ke telepon celular saya sesaat ketika saya mengiri
pulsa 20 ribu rupiah.
Saya
tergiur dengan program nelpon dan sms sepuasnya yang ditawarkan TELKOMSEL
tersebut, berhubung hari sudah sore saya putuskan untuk menunda mendaftar combo
siang “nanggung sebaiknya daftar combo yang malam saja” kataku dalam hati
ketika melihat waktu menunjukan pukul 15.45 waktu surabaya.
Setelah
lama berselang, sekitar pukul 17.52 saya mendaftarkan program combo malam
TELKOMSEL sebagaimana yang tertuang dalam promi kemudian saya ketik “CM (spasi)
ON” kirim ke 8999 berselang beberapa detik ada pesan balasan dari 8999 “Terima
Kasih, pembelian Combo Mania Anda sedang diproses” tidak lama kemudian masuk
lagi pesan baru dari 8999 ”Layanan Combo Mania anda telah aktif. Nikmati nelpon
sd 100 menitke tsel. 50 sms ke tsel & 512 kb sampai dengan pkl 17.00 cek
bonus ketik *8999#”
“sampai
dengan pkl 17.00” saya kaget ketika membaca pesan tersebut, kemudian saya
ketika *889# saya kaget menemui kenyataan tidak ada keterangan yang menyatakan
saya mendapatkan bonus combo “nelpon sd
100 menitke tsel. 50 sms ke tsel & 512 kb”, ternyata pendaftaran combo yang
saya lakukan di pukul 17.52 dikategorisasi pendaftaran combo siang.
Aneh
sungguh aneh, sangat jelas dalam pesan Iklam TELKOMSEL menyatakan bahwa batas
akhir combo siang adalah pukul 17.00 dan combo malam antara pukul 17.00 sd
23.00, kenapa pendaftaran yang saya lakukan di pukul 17.52 dikategorisasi
sebagai combo siang, bagaimana bisa saya gunakan bonus tersebut sementara batas
waktunya sudah lewat.
Untuk
mendapatkan penjelasan dan kejelasan saya putuskan menelpon call center telkomsel yang kini berbayar
Rp. 300 untuk sekali pemanggilan. Setelah mendegar berbagai produk dan menunggu
beberapa saat akhirnya saya dapat berkomunikasi dengan customer services yang memperkenalkan diri bernama Santi. Kemudian
saya sampaikan keluhan saya kepada yang bersangkutan.
“Telkomsel
selama sore, saya bicara dengan siapa ini”
“Hari”
“saya
Santi bapa, ada yang bisa saya bantu”
“Mba
Santi saya baru saja mendaftar combo malam bonus combonya kok gak masuk ya”
“kalo
boleh tahun jam berapa bapa mendaftar “
“baru
saja sekitar pukul 17. 52 mba”
“sebentar
bapa saya cek dulu”
..................
“terima
kasih bapa hari sudah menunggu, bapa hari, combo yang barusan bapa daftarkan
combo siang!”
“loh
kok seperti itu, combo siang batasnya sampai pukul 17.00 dan saya mendaftar
pukul 17.52 kok dihitung sebagai combo siang, gak salah?”
“Ia
bapa, mungkin lain kali bapa harus daftar diatas pukul 18.00”
“mba
yang salah ini saya atau TELKOMSEL?” tanyaku dengan nada yang dibumbui emosi. “
sangat jelas dalam pesan TELKOMSEL yang masuk ke HP saya menyebutkan combo
siang sampai dengan pukul 17.00 dan combo malam mulai pukul 17.00 sd 23.00”
lanjutku bersemangat “anda seharusnya tidak ngomong seperti itu, sangat jelas kesalahan bukan di saya kok
anda memperingati saya” kataku kesal. “terimakasih atas jawabannya” kataku
mengakhiri
“baik
bapa hari, saya akan coba mengecek kembali, dalam 1 x 24 jam kami akan mencoba
untuk menyelesaikan permasalahan ini’ tutupnya.
xxx
Hampir
seminggu setelah kejadian tersebut, tidak ada niat baik TELKOMSEL untuk meminta
maaf atau memperbaiki keadaan atas kerugian materil yang saya derita: kehilangan
Rp. 1000 yang tersedot karena mendaftar combo di pukul 17.52 tetapi di hitung
sebagai combo siang, saya harus memasang Talk Mania yang berbayar Rp 2500,
kehilangan 100 menit dan 50 sms gratis ke sesama telkomsel, serta kehilangan
Rp. 300 karena harus menelpon Customer
Service yang kini berbayar itu.
Analsis hukum
Apa yang dilakukan TELKOMSEL,
mempromosikan satu jasa tetapi tidak sesuai dengan apa yang dipromosikan
merupakan perbuatan yang oleh undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang
perlindungan konsumen dilarang, yang diatur dalam pasal 8 ayat (1) huruf f,
yang menyatakan bahwa Pelaku usaha dilarang
memproduksi dan/atau memperdagangkan
barang dan/atau jasa yang tidak sesuai dengan janji yang dinyatakan dalam
label, etiket,keterangan, iklan atau promosi penjualan barang dan/atau jasa Tersebut.
bahwa sangat jelas bahwa TELKOMSEL
telah memperdagangkan jasa (combo, 100 menit telpon + gratis 50 sms sesama
tsel) tidak sesuai yang tercantum dalam iklanya. Dalam iklan TELKOMSEL
menyebutkan combo siang berlaku sampai dengan pukul 17.00 dan co,bo malam
berlakukan sejak pukul 17.00 sd pukul 23.00 akan tetapi pada kenyataannya
pendaftaran combo yang saya lakukan pukul 17.52 diatas batas waktu combo siang
(sudah masuk waktu coombo malam) malah dikategorisasi sebagai combo siang.
Perbuatan TELKOMSEL tersebut tidak
hanya dilarang, dalam undang-undang perlindungan konsumen, melakukan perbuatan
yang dilarang tersebut dapat melahirkan konsekuensi pidana penjara dan denda,
sebagaima yang disebutkan dalam pasal 62 ayat (1):
Pelaku
usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, Pasal 9,
Pasal 10, Pasal 13 ayat (2), Pasal 15, Pasal 17 ayat (1) huruf a, huruf b,
huruf c, huruf e, ayat (2), dan Pasal 18 dipidana dengan pidana penjara paling
lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua
miliar rupiah)
Saya sangat berharap TELKOMSEL
sebagai provider selular terdepan dapat memperbaiki dan melaksanakan
perlindungan terhadap konsumennya, sehingga tidak ada lagi konsumen yang merasa
kena jebakan (batman) Telkomsel, membeli paket telpon murah yang murahan.
Wew , kalau pengalaman saya mas dengan provider lain , sebut saja provider pemilik kartu "matahari" . Saya pasang paket internet unlimited satu bulan , tp setiap hour ada pesan bunyinya " nikmati 4mb gratis setelah intenetan 1400 rupiah lagi" kurang lebih begitu , lantas apa fungsi paket internet saya kalau pulsa saya masih tersedot setiap harinya
BalasHapus