Jebakan (batman) Telkomsel


“selamat nomor anda telah terisi pulsa, setiap kali pengisian pulsa Rp. 10.000 anda dapat menukar combo mania dengan mengetik CM (spasi) ON kirim ke 8999, untuk Combo siang berlaku sejak pukul 01.00 sd 17.00, combo malam 17.00 sd 23.00” isi pesan TELKOMSEL yang masuk ke telepon celular saya sesaat ketika saya mengiri pulsa 20 ribu rupiah. 

Saya tergiur dengan program nelpon dan sms sepuasnya yang ditawarkan TELKOMSEL tersebut, berhubung hari sudah sore saya putuskan untuk menunda mendaftar combo siang “nanggung sebaiknya daftar combo yang malam saja” kataku dalam hati ketika melihat waktu menunjukan pukul 15.45 waktu surabaya. 


Setelah lama berselang, sekitar pukul 17.52 saya mendaftarkan program combo malam TELKOMSEL sebagaimana yang tertuang dalam promi kemudian saya ketik “CM (spasi) ON” kirim ke 8999 berselang beberapa detik ada pesan balasan dari 8999 “Terima Kasih, pembelian Combo Mania Anda sedang diproses” tidak lama kemudian masuk lagi pesan baru dari 8999 ”Layanan Combo Mania anda telah aktif. Nikmati nelpon sd 100 menitke tsel. 50 sms ke tsel & 512 kb sampai dengan pkl 17.00 cek bonus ketik *8999#”

“sampai dengan pkl 17.00” saya kaget ketika membaca pesan tersebut, kemudian saya ketika *889# saya kaget menemui kenyataan tidak ada keterangan yang menyatakan saya mendapatkan bonus combo  “nelpon sd 100 menitke tsel. 50 sms ke tsel & 512 kb”, ternyata pendaftaran combo yang saya lakukan di pukul 17.52 dikategorisasi pendaftaran combo siang.

Aneh sungguh aneh, sangat jelas dalam pesan Iklam TELKOMSEL menyatakan bahwa batas akhir combo siang adalah pukul 17.00 dan combo malam antara pukul 17.00 sd 23.00, kenapa pendaftaran yang saya lakukan di pukul 17.52 dikategorisasi sebagai combo siang, bagaimana bisa saya gunakan bonus tersebut sementara batas waktunya sudah lewat. 

Untuk mendapatkan penjelasan dan kejelasan saya putuskan menelpon call center telkomsel yang kini berbayar Rp. 300 untuk sekali pemanggilan. Setelah mendegar berbagai produk dan menunggu beberapa saat akhirnya saya dapat berkomunikasi dengan customer services yang memperkenalkan diri bernama Santi. Kemudian saya sampaikan keluhan saya kepada yang bersangkutan.
“Telkomsel selama sore, saya bicara dengan siapa ini”
“Hari”
“saya Santi bapa, ada yang bisa saya bantu”
“Mba Santi saya baru saja mendaftar combo malam bonus combonya kok gak masuk ya”
“kalo boleh tahun jam berapa bapa mendaftar “
“baru saja sekitar pukul 17. 52 mba”
“sebentar bapa saya cek dulu”
..................
“terima kasih bapa hari sudah menunggu, bapa hari, combo yang barusan bapa daftarkan combo siang!”
“loh kok seperti itu, combo siang batasnya sampai pukul 17.00 dan saya mendaftar pukul 17.52 kok dihitung sebagai combo siang, gak salah?”
“Ia bapa, mungkin lain kali bapa harus daftar diatas pukul 18.00”
“mba yang salah ini saya atau TELKOMSEL?” tanyaku dengan nada yang dibumbui emosi. “ sangat jelas dalam pesan TELKOMSEL yang masuk ke HP saya menyebutkan combo siang sampai dengan pukul 17.00 dan combo malam mulai pukul 17.00 sd 23.00” lanjutku bersemangat “anda seharusnya tidak ngomong seperti  itu, sangat jelas kesalahan bukan di saya kok anda memperingati saya” kataku kesal. “terimakasih atas jawabannya” kataku mengakhiri
“baik bapa hari, saya akan coba mengecek kembali, dalam 1 x 24 jam kami akan mencoba untuk menyelesaikan permasalahan ini’ tutupnya.

xxx
Hampir seminggu setelah kejadian tersebut, tidak ada niat baik TELKOMSEL untuk meminta maaf atau memperbaiki keadaan atas kerugian materil yang saya derita: kehilangan Rp. 1000 yang tersedot karena mendaftar combo di pukul 17.52 tetapi di hitung sebagai combo siang, saya harus memasang Talk Mania yang berbayar Rp 2500, kehilangan 100 menit dan 50 sms gratis ke sesama telkomsel, serta kehilangan Rp. 300 karena harus menelpon Customer Service yang kini berbayar itu. 

Analsis hukum
Apa yang dilakukan TELKOMSEL, mempromosikan satu jasa tetapi tidak sesuai dengan apa yang dipromosikan merupakan perbuatan yang oleh undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dilarang, yang diatur dalam pasal 8 ayat (1) huruf f, yang menyatakan bahwa Pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau  memperdagangkan barang dan/atau jasa yang tidak sesuai dengan janji yang dinyatakan dalam label, etiket,keterangan, iklan atau promosi penjualan barang dan/atau jasa Tersebut.

bahwa sangat jelas bahwa TELKOMSEL telah memperdagangkan jasa (combo, 100 menit telpon + gratis 50 sms sesama tsel) tidak sesuai yang tercantum dalam iklanya. Dalam iklan TELKOMSEL menyebutkan combo siang berlaku sampai dengan pukul 17.00 dan co,bo malam berlakukan sejak pukul 17.00 sd pukul 23.00 akan tetapi pada kenyataannya pendaftaran combo yang saya lakukan pukul 17.52 diatas batas waktu combo siang (sudah masuk waktu coombo malam) malah dikategorisasi sebagai combo siang. 

Perbuatan TELKOMSEL tersebut tidak hanya dilarang, dalam undang-undang perlindungan konsumen, melakukan perbuatan yang dilarang tersebut dapat melahirkan konsekuensi pidana penjara dan denda, sebagaima yang disebutkan dalam pasal 62 ayat (1):

Pelaku usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, Pasal 9, Pasal 10, Pasal 13 ayat (2), Pasal 15, Pasal 17 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf c, huruf e, ayat (2), dan Pasal 18 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah)

Saya sangat berharap TELKOMSEL sebagai provider selular terdepan dapat memperbaiki dan melaksanakan perlindungan terhadap konsumennya, sehingga tidak ada lagi konsumen yang merasa kena jebakan (batman) Telkomsel, membeli paket telpon murah yang murahan.  

Komentar

  1. Wew , kalau pengalaman saya mas dengan provider lain , sebut saja provider pemilik kartu "matahari" . Saya pasang paket internet unlimited satu bulan , tp setiap hour ada pesan bunyinya " nikmati 4mb gratis setelah intenetan 1400 rupiah lagi" kurang lebih begitu , lantas apa fungsi paket internet saya kalau pulsa saya masih tersedot setiap harinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer