Peluh Terakhir

sebuah catatan 9 semester (sekitar 4 tahun) di Universitas Balikpapan,

Dalam keadaan lelah, badan berkeringat, wajah lecek tak disetubuhi air,berada di ruang kuliah A-1 tempat kuliah Mahasiswa Fakultas Hukum, yang berada persis di depan Fakultas Hukum catatan ini saya buat, ditemani desing kipas angin, dan tidak kalah desing mesin yang oleh penemunya disebut printer, satu persatu kertas kuarto berim-rim keluar dari mulut printer menjadi catatan-catatan (yang semoga layak dikatakan) ilmiah yang merupakan syarat akhir lulus dari Fakultas Hukum Universitas Balikpapan. bersama Muhammad Ayyub, Achmad Fitriadi dan Wawan menunggui hasil dari proses panjang, yang menguras konsentrasi, energi, keuangan tidak hanya yang bersumber dari diri sendiri dan juga orang lain.

tidak terasa, matahari sudah beredar jauh dari permukaan bumi kami berpijak terus keberat menunju permukaan bumi yang lain, sunyi merayap di malam minggu. semangat untuk segera menyelesaikan studi memberikan energi lebih bagi kami, yang berdasarkan pengakuan bahwa Achmad Fitriadi dan Wawan telah 6 malam tidurnya tidak normal, Ayyu lebih lagi, sedangkan aku ya cukuplah mengurangi berat badan setidaknya 2 minggu ini skripsi adalah hal pertama yang kuingat ketika bagun pagi dalam 2 minggu ini.

pada kesempatan ini, H-4 (minus hari minggu) menjelang wisuda Universitas Balikpapan, saya merasa peneyelsaian skripsi ini begitu terlambat mengingat bahwa saya telah menyelesaikan seminar proposal pada tanggal 2 januari skitar 9 bulan lalu, dan memperoleh persetujuan pembimbing untuk seminar 3 pada hari ini (2 oktober 2010) tepatnya pukul 11.35 kalo tidak salah. ada beberapa kesalahan menurut saya pribadi yang menyebabkan terhambatnya penyelesaian skripsi ini hingga selesai tidak tepat waktu (lebih 3 bulan) dari waktu yang ku targetkan ketika pertama kali menginjakan kaki di UNIBA.

beberapa kesalahan tersebut antara lain:
pertama, ketika penulisan MPH disetujui menjadi Proposal Skripsi oleh pa Muhdar pada bulan Agustus 2009 saya tidak segera mengurus ujian seminar dan baru terlaksana 2 bulan setelahnya.

kedua, ketika proposal penulis diterima dengan titel Layak sebaga calon skripsi pada bulan januri penulis tidak langsung mengerjakan penelitian pada bulan-bulan berjalan, setidaknya melakukan penelitian ketika libur semester memasuki semester delapan (8), sehingga pengerjaan skripsi tertunda di semester delapan, yang pada saat itu kesibukan kuliah tidak jauh padat dengan kesibukan organisasi yang pada saat itu transisi HMPS Hukum UNIBA dan LBH Pos Balikpapan yang sedang dibangung.

ketiga, persoalan mendasar lain yang menjadi faktor penghambat penyelesaian skripsi ini tidak tepat waktu, pada saat semster 3 dan 4 saya menempuh kuliah dengan kredit smester standar (tidak mengambil mata kuliah kesemester atas) sehingga jumlah SKS yang saya tempat disemester 5 hingga 8 dalam jumlah yang relatif banyak.

keempat, faktor-faktor lain terkait dengan kerjaan, keluarga.

meskipun banyaknya berbagai persoalan yang menghadang hampir disetiap semester, tetapi tidak menyurutkan langkah saya untuk lulus, meminjam semangat dan filosofi hidup songoku, bezita, gohan bangsa Saiya dalam komik legendaris dragon ball, yang selalu bergairah dengan tantangan, bukan pantang, saya jadikan hambatan-hambatan sebagai tantangan memperkuat niat dan meneguhkan hati untuk lulus.

ada beberapa keajaiban yang harus saya syukuri bahwa selama kuliah, saya aktif di organiasi kemahasiswaan fakultas huku, aktif di organisasi ekstra kampus dan di akhir-akhir semester aktif sebagai koordinator LBH Pos Balikpapan dan terlibat dalam beberapa kerjaan dengan kawan-kawan Perkumpulan Masyarakat Adat (PeMA) Paser,smoga InsyaAllah bisa lulus studi dalam kurun waktu 4 tahun.paling tidak penyelesaian skripsi dengan kurun waktu 4 tahun memutus mitos aktivis yang kerap menyelesaikan skripsi ketika akan di drop out (DO) atau menempuh semester maksimal 9 tahun, itupun dengan nilai belas kasihan. sudah saatnya aktivis menjadi cermin dikampus tidak hanya memiliki kemampuan organisatoris tetapi juga akademis yang mumpuni.

kawan-kawan sekalian diakhir catatan ini, saya ingin sampaikan kepada semua pihak pernyataan terima kasih kepada bung Wawan Sanjaya yang meminjamkan laptopnya dan belakangan meminjakan ponselnya untuk mendukung proses yang menguras peluh ini, menguras energi, konsentrasi, kepada kawan satu angkatan yang juga berjuang untuk segera lulus, kepada kawan-kawan organisator HMPS Hukum periode 2010-2011 semoga kalian bisa lebih baik dalam menata studi. Dan tidak lupa kepada permohonan maaf dan termika kasih yang mendalam kepada Istri dan Anakku yang telah mendoakan, mensuport secara moril dan meteril mendukungku sehingga dapat menyelsaikan skripsi ini dengan baik dan cepat.

mungkin ini dulu catatan singkat saya, detik-detik akhir menguras peluh di kampus Universitas Balikpapan, Fakultas Hukum

di bilik 4 x 15 ruang kelas A-1 Fakultas Hukum

2 Oktober 2010


HD

kelelahan yang membahagiakan

Komentar

Postingan Populer