Pendapatku Tentang Mereka

Mereka adalah orang-orang yang sedikit banyak memberi pengaruh terhadap eksistensi Lembaga Bantuan Hukum Kalimantan Timur Pos Balikpapan (LBH Pos Balikpapan), mereka mengorbankan waktu, tenaga dan fikirannya untuk meretas jalan mewujudkan akses atas keadilan. Berikut ini adalah penilaianku tentang mereka, penilaian yang diperoleh dari pengalaman empirik, sangat mungkin salah dan sedikit kemungkinan benar, meskipun demikian aku merasa perlu menuliskan ini, karena menurutku mereka orang-orang yang juga mempengaruhiku. Nama-nama diurut bukan berdasarkan kualitas intelektual ataupun drajat ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa tetapi berdasarkan urutan huruf nama depan mereka.

1. Adhitya Hermawan
Kawan yang satu ini adalah seorang yang memiliki potensi yang luar biasa, sebelum bergabung di LBH Pos Balikpapan, dia telah memiliki kemampuan berdiskusi yang baik, bicaranya cakap, suaranya jelas, kritis, dan dekonstruktif (meski dalam pengamatanku dia masih ragu-ragun menjadi seorang dekonstruktor), dengan potensi yang dia miliki menurutku dia lebih pas menjadi seorang aktivis partai politik.

2. Dolvy
Sangat jarang rasanya saya bersentuhan pemikiran dengan kawan yang satu ini, dia begitu pendiam, tetapi saya terperanjat "kaget" ketika dia menjadi pemandu dalam penyuluhan hukum di suatu sekolah, seperti tidak percaya, dibalik diamnya selama ini ternyata dia belajar, melatih dirinya, sehingga menjadi sosok yang mengejutkan, sebagai seorang yang jarang berbicara di hadapan banyak orang, saat itu dia tampil dengan terampil.

3. Fajrin Noor
Pribadi yang santun, pemalu, mau bekerja keras untuk memenuhi keinginannya, dan yang paling penting seorang yang “serakah” terhadap setiap kesempatan yang akan memperkaya keilmuannya dan mengembangkan kapasitasnya.

4. Friskan Putri
Seorang perempuan intelektual, tidak pernah dari mulutnya saya mendengar cercaan terhadap seseorang, orang yang perlu diberikan tantangan

5. Haikal
Terkadang menjengkelkan, tetapi juga menyenangkan, pecinta kebersihan, dokonstruktor apalagi terhadap orang-orang baru, tidak pernah memilih lawan tanding dalam diskusi.

6. Hamrin Hakim
Santun, penuh rasa hormat, tenang, menghormati yang tua dan menyayangi yang muda, siap di kritik, murah senyum, tetapi anda akan melihat karakter yang bertolak belakang ketika dia berada di forum diskusi dia seperti macan lapar yang siap menerkam lawan diskusinya, dan anda akan terkaget-kaget ketika melihat dia dengan TOAK dia tampil begitu garang

7. Ika Rahmi Utami
Seorang periang, penghibur dan jujur, fikiran-fikirannya sederhana, terkadang dia memikirkan yang diabaikan banyak orang.

8. Mangara A Gultom
Sebagaimana umumnya orang batak, dia keras terhadap sesuatu yang dia anggap benar, dan dia juga bijaksana untuk berpindah dari pemikiran yang awalnya dia anggap benar kepada pemikiran yang baru, yang membantah fikiran awalnya (karakter ini yang membedakan dia dengan orang batak kebanyakan).

9. Muhammad Ayyub
Seorang yang bekerja tanpa pamrih, terkadang agak mudah tersinggung, seorang yang tidak ingin dianggap melamun karenanya dia melengkapi visinya dengan eksekusi, tidak heran rencana-rencananya mampu dia wujudkan dengan atau tanpa bantuan orang lain.

10. Ni Nyoman
Musuh terbesarnya adalah ketidak percayaan diri, minder, takut dan malu saya membayangkan jika dia dapat menghempaskan musuh terbesarnya itu bukan tidak mungkin dia menjadi sosok perempuan yang hebat.

11. Rikip Agustani
Beberapa karakternya saling antagonis, dia lelaki penghibur tapi terkadang menjengkelkan, orang yang dapat mencairkan suasana dalam ketegangan tapi kadang salah tempat, fikiran-fikiran orisinilnya menarik meskipun terkadang agak sulit diterima akal sehat, saranku anda harus hati-hati ketika dia mengeluarkan jurus pujian, karena itu caranya menaklukan lawan bicaranya.

12. Wasanti
Orang yang selalu menyatukan fikiran dan tindakan, seorang idealis dalam perjuangannya, dia amat marah, tersinggung terhadap siapapun yang dianggap melecehkan idealisme. Seorang pekerja keras, memiliki keinginan kuat untuk belajar, dan pandai menciptakan kesempatan untuk memperoleh pengalaman belajar (siap melawan arus kuat sekalipun).

13. Wawan Sanjaya
Kalo di ibaratkan pemain sepak bola, dia pemain serba bisa, pemain yang bisa di letakan di mana saja, di belakang, tengah dan depan, bahkan menjadi penjaga gawang sekalipun. Seperrti kata-katanya ketika akan menjadi ketua HMPS Hukum, dia orang yang selalu memberi bukti dan bukan janji. Seorang kawan yang baik, kerap kali dia mendebat fikiran-fikiranku, memiliki pengertian, pekerja keras, dan memiliki gairah dalam menghadapi tantangan, baginya musuh adalah orang yang akan memperkaya pengalaman.

14. Yudi Hadisaputro
Orang yang memiliki karakter kepemimpinan yang kuat, tapi sayang dia enggan menjadi seorang pemimpin (dalam pengertian formal). Orang yang diusia mudanya telah dituakan oleh pengalaman-pengalaman hidup, ketika ada ungkapan filosofis bahwa hanya yang memiliki yang bisa memberi, dia berbeda ditengah kekurangannya dia masih bisa memberi.

Itulah mereka orang-orang yang menjadi teman berdialektika di LBH Pos Balikpapan selama kurang lebih 2 (dua) tahun ini.Bontang,

28 April 2011


HD

Komentar

Postingan Populer